Home » » TIPS MENURUNKAN KOLESTEROL

TIPS MENURUNKAN KOLESTEROL

Posted by Global Blog's on Feb 27, 2015





TIPS MENURUNKAN KOLESTEROL
EHS Info

Februari 2015

Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam darah yang produksinya dihasilkan oleh tubuh lewat makanan yang kita konsumsi. Kolesterol dibentuk di dalam hati dan diangkut oleh lipoprotein melalui pembuluh darah ke sel tubuh.
Lipoprotein
dibedakan berdasarkan berat jenisnya yaitu high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL). HDL, sering disebut sebagai kolesterol baik karena dalam operasinya ia membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. Sedangkan LDL "jahat" karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah.
Pada kondisi normal, kolesterol di dalam tubuh manusia memiliki peran penting yaitu membentuk vitamin D yang membantu penyerapan kalsium, membentuk garam empedu yang membantu usus dalam menyerap lemak, meminyaki kulit tubuh, membentuk kortex adrenal yang berfungsi dalam keseimbangan garam tubuh, serta berperan dalam pembentukan hormon seks (estrogen dan testosteron).
Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika jumlahnya berlebihan maka akan berdampak negatif pada tubuh. Nilai normal kolesterol dalam darah adalah maksimum sampai 200 mg/dL.

Untuk dapat menurunkan tingginya kolesterol dalam tubuh, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan :

1.
Pola makan sehat dan seimbang, perbanyak konsumsi sayuran dan buah, ikan atau daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, tempe, tahu. Kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti Otak, jantung, hati, limpa, ginjal, babat, usus, daging kambing, sosis, kerang, susu penuh dan hasil sampingannya. Batasi daging (100 gr/hari) maksimum 3 kali seminggu, gula, minuman manis. Batasi kuning telur paling banyak 3 butir seminggu. Pilih makanan yang dipanggang, dioven, dikukus, dan dibakar, dan jangan yang digoreng.
2. Lemak tak jenuh, manusia membutuhkan sekitar 25% sampai 35% lemak dalam pola makan sehari-hari. Jenis lemak yang diperlukan adalah lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, seperti yang ditemukan di kanola, zaitun, dan minyak safflower.
3. Olahraga teratur. Dengan 30 menit aktivitas fisik, lima hari seminggu (20 menit, tiga kali seminggu untuk olahraga berat, seperti jogging) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.
4. Aktivitas fisik. Jika tidak suka dengan olahraga, maka dapat diganti dengan sering melakukan aktivitas seperti jalan kaki, berkebun, menari, menggunakan tangga dibandingkan lift dapat dilakukan.
5. Hindari Stres. Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa orang, stres mungkin dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol.
6. Stop Merokok. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Adam Gepner dari sebuah Universitas of Wisconsin School of Medicine dan Public Health di Madison, Amerika Serikat, menungkapkan bahwa rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah dan membunuh kolesterol baik.

Terima kasih telah membaca:TIPS MENURUNKAN KOLESTEROL

Previous
« Prev Post

0 comments:

Statistik

online counter
online counter
Online

Site Meter

Free PageRank Checker