Home » » MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH DI MUSIM HUJAN

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH DI MUSIM HUJAN

Posted by Global Blog's on Feb 27, 2015




Saat musim hujan seperti ini, daya tahan tubuh akan mudah menurun terutama jika tidak berhati – hati dalam menjaga kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai melakukan hal – hal berikut ini untuk menjaga ketahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

1. Konsumsi Makanan – Minuman Bergizi. Cuaca yang dingin sering membuat kita merasa lapar. Pada kondisi seperti ini, usahakan untuk selalu konsumsi makanan yang bergizi dan vitamin C. Vitamin ini efektif sebagai antihitasmine yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit flu dan penyakit yang sering menyerang di musim hujan seperti ini. Vitamin yang dapat berperan sebagai imun tubuh ini, harus dikonsumsi sehari sebesar 75 mg - 90 mg.

2. Olahraga. Luangkan waktu anda minimal 1 kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga agar tubuh menjadi bugar. Olahraga tidak harus bersifat berat, bisa olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari pagi atau melakukan senam ringan dirumah, dan lain sebagainya.

3. Cucilah Tangan Sebelum Makan dan Setelah Beraktivitas. Mencuci tangan mungkin terlihat hal yang sepele bagi kita, tetapi perlu diketahui bahwa mencuci tangan dengan benar dapat membunuh kuman penyakit yang menular. Data CDC (Center for Disease Control and Prevention) USA, menyebutkan bahwa kebiasaan mencuci tangan dapat mengurangi risiko terkena diare sebesar 31% dan penyakit pernapasan sebesar 21%.

4. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah. Virus maupun kuman penyebab penyakit dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh melalui hidung, mulut bahkan mata, oleh karena itu hindari terlalu sering menyentuh wajah kecuali tangan dalam keadaan bersih.

5. Usahakan Agar Tidak Terkena Air Hujan. Air hujan tidak selalu bersih dan dapat mengandung partikel-partikel polusi sehingga dapat memicu penurunan daya tahan tubuh. Selalu siapkan payung ataupun jas hujan jika bepergian.

6. Minum Air Putih Lebih Banyak. Pada saat musim hujan atau cuaca dingin risiko dehidrasi justru lebih tinggi dibandingkan musim panas. Studi yang dilakukan Universitas New Hampshire, hal tersebut disebabkan ketika cuaca dingin Anda justru tidak merasa haus sehingga menyebabkan kurangnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Padahal dalam sehari Anda harus minum 8 gelas sehari seperti yang sudah dianjurkan.

7. Cukup Istirahat. Salah satu cara mudah agar imun tubuh kuat saat musim hujan tiba adalah dengan banyak istirahat atau tidur. Jika biasanya Anda dan keluarga hanya tidur 5 atau 7 jam sehari, cobalah menjadi 8 jam sekali seperti anjuran para ahli kesehatan. Kurangnya waktu tidur dapat mengurangi fungsi sistem kekebalan tubuh dan memicu virus penyakit memasuki tubuh.

Terima kasih telah membaca:MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH DI MUSIM HUJAN

Previous
« Prev Post

0 comments:

Statistik

online counter
online counter
Online

Site Meter

Free PageRank Checker